Terkadang hal kecil seperti mengirimkan suatu ucapan
terima kasih atau memilih produk yang terkait untuk ditampilkan di
halaman detil produk bisa menghasilkan dampak positif pada suatu bisnis e-commerce atau toko online.
Pasti ada strategi bisnis dan software yang hebat yang bisa
memberikan anda solusi untuk membantu bisnis anda. Tapi bagaimana dengan
hal-hal kecil yang bisa anda lakukan hanya dalam beberapa menit saja
atau mungkin beberapa jam yang bisa membantu pertumbuhan bisnis toko
online anda?Berikut ini adalah tujuh hal kecil yang bisa anda kerjakan sekarang juga.
1. Upsell dan Cross-sell
Hampir setiap platform e-commerce menawarkan suatu cara agar penjual bisa menampilkan produk yang relevan.Jika suatu pemilik atau manager bisnis e-commerce sedang mencari suatu cara untuk memanfaatkan hal ini, sebaiknya segeralah menambahkan produk upsell dan cross-sell pada produk-produk yang ada di website anda, atau anda akan kehilangan banyak penjualan jika tidak melakukan hal ini.
Upselling adalah suatu cara untuk mendorong customer untuk membeli produk yang mirip dengan produk yang sedang ia lihat saat itu, tapi produk tersebut memiliki harga jual atau margin yang lebih tinggi. Sedangkan cross-selling adalah proses untuk mendorong customer agar mereka mau membeli produk pelengkap dari produk yang baru saja mereka beli atau produk yang menarik bagi mereka.
Dalam kenyataannya, upsell dan cross-sell yang ditawarkan dalam suatu toko online ditampilkan pada halaman detil produk atau selama proses checkout.
Dengan menggunakan data yang anda miliki, coba tawarkan produk upsell dan cross-sell yang memiliki tingkat kemungkinan yang tinggi agar customer terdorong untuk menambahkan barang itu ke dalam keranjang belanja mereka, ini akan meningkatkan jumlah harga pada pesanan mereka.
Bagi penjual online, terkadang anda tidak perlu mengganti software untuk melakukan hal ini, anda hanya membutuhkan sedikit riset agar anda bisa menampilkan produk yang tepat.
2. Segera jual produk yang memiliki siklus perputaran yang lambat
Produk dengan perputaran yang lambat yang hanya tergeletak di gudang anda bisa mengurangi cashflow anda dan memperlambat pertumbuhan bisnis anda. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak toko offline melakukan diskon besar-besaran, dan inilah kenapa anda sebagai pemilik toko online juga harus melakukannya.Cari produk anda di gudang anda yang:
- Terjual kurang dari sekali selama tiga bulan
- Merupakan produk musiman
- Cepat hancur atau mudah membusuk
- Yang telah digantikan dengan model atau versi yang terbaru
- Atau produk yang tidak terjual secara online dalam sebulan atau lebih
Cara ini terbukti bisa meningkatkan jumlah uang yang masuk ke dalam kantong anda dan merupakan cara yang cepat untuk menjual suatu produk yang tidak begitu laku.
3. Tambahkan fitur live chat
Live chat memungkinkan customer untuk bertanya saat mereka ingin membeli barang di toko online anda. Live chat juga terbukti bisa meningkatkan konversi dan meningkatkan pengalaman berbelanja customer pada toko online anda.Dengan menawarkan live chat, anda bisa mengetahui masalah apa yang ada pada website dan customer anda. Dan jika anda bisa mengatasi masalah ini, tentu konversi pada situs anda akan meningkatkan secara keseluruhan.
Ada banyak software yang bisa menawarkan anda fitur live chat yang cukup mudah untuk diterapkan pada bisnis anda. Dan juga harganya tidak begitu mahal, bahkan ada yang gratis untuk mendapatkan beberapa fitur dasar.
4. Menambahkan nomor telepon
Live chat memang bisa membantu pemilik bisnis untuk terhubung dengan customer mereka dan meningkatkan konversi, sama halnya dengan menambahkan nomor telepon di website anda.Sebagai pebisnis, anda bisa memasukkan nomor telepon yang bisa dihubungi di website anda. Jadi, para customer bisa berkomunikasi secara lebih personal kepada anda dan dari sini anda bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan customer.
Anda bisa mencontoh ShopDeca seperti screenshot di bawah ini dimana mereka menampilkan nomor telepon di bagian footer dari website:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar